Jumat, 02 November 2012

Kotabaru Lampung

Lampung adalah sebuah provinsi paling selatan Pulau Sumatera, Indonesia. Di sebelah utara Lampung berbatasan dengan Sumatera Selatan dan Bengkulu.
Ibukota Provinsi Lampung adalah Bandar Lampung, yang merupakan gabungan dari kota kembar Telukbetung dan Tanjungkarang yang memiliki wilayah relatif luas, serta menyimpan potensi kelautan. Pelabuhan utama bernama Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang dan beberapa pelabuhan nelayan diantaranya Pasar Ikan (Telukbetung), Tarahan, dan Kalianda di Teluk Lampung.
dan masih terdapat beberapa pelabuhan di Teluk Semangka adalah Kota Agung (Kabupaten Tanggamus), dan di Laut Jawa terdapat pula pelabuhan nelayan seperti Ketapang dan Labuhan Maringgai. Di samping itu, Kota Menggala juga dapat dikunjungi kapal-kapal nelayan dengan menyusuri sungai Way Tulang Bawang, di Samudra Indonesia juga terdapat Pelabuhan Krui.
Lapangan terbang utamanya adalah "Radin Inten II", yaitu nama baru dari "Branti", 28 Km dari Ibukota melalui jalan negara menuju Kotabumi, dan Lapangan terbang AURI terdapat di Menggala yang bernama Astra Ksetra. Secara Geografis Provinsi Lampung terletak pada kedudukan : Timur - Barat berada antara : 103o 40' - 105o 50' Bujur Timur Utara - Selatan berada antara : 6o 45' - 3o 45' Lintang Selatan.

Saat ini warga lampung khususnya wilayah Bandarlampung sedang banyak yang membicarakan "KOTABARU LAMPUNG", Apa itu "KOTABARU LAMPUNG"

Kotabaru Lampung adalah sebuah kota baru diprovinsi lampung yang sedang dalam perencanaan pembangunan
Kotabaru Lampung ini berfungsi sebagai pusat pemerintahan, komersial dan Perumahan. Kawasan ini memiliki luas 350 Ha yang berlokasi di bekas lahan kebun percobaan milik LIPI, yang secara administratif berada di Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan. Kota baru ini nantinya akan dibanguan pusat pemerintahan provinsi Lampung.
Berikut ini adalah gambar desain perencanaan tatakota Kawasan Kotabaru Lampung
Kotabaru Lampung
desain perencanaan tatakota Kawasan Kotabaru Lampung

Terdiri dari beberapa Daerah kawasan diantaranya adalah:
  • Daerah perkantoran gubernur
  • Daerah perkantoran dprd/dpd
  • Daerah perkantoran pelayanan publik dan kawasan perkantoran pelayanan non publik
  • Daerah perkantoran instansi vertikal
  • Daerah danau buatan
  • Daerah lapangan golf
  • Daerah komersil sektor formal
  • Daerah komersil sektor informal
  • Perumahan gubernur
  • Perumahan wakil gubernur
  • Perumahan dinas
  • Perumahan anggota legislatif daerah
  • Perumahan pejabat



Berikut ini adalah Map-plan kawasan Kotabaru Lampung
Kotabaru Lampung
Map-plan kawasan Kotabaru Lampung

Salah satu tujuan dari dibentuknya Kotabaru lampung ini adalah Sebagai perluasan kota, sehingga lampung juga dapat menjadi kota besa yang maju dan juga membuat sebuah alternatif mengatasi kepadatan penduduk kota bandar lampung yang semakin hari jalanan kota bandarlampung mulai terlihat macet dengan dengan banyaknya pemilik kendaraan. Dengan adanya kota tersebut maka akan dapat mengurangi kepadatan yang ada di kota Bandar Lampung. Kami sebagai warga bandarlampun turut mendukung rencana pembangunan Kotabaru Lampung semoga berjalan sesuai rencana tanpa tangan-tangan jail para tikus kota.



sumber : id.wikipedia.org 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar