Rabu, 16 Desember 2015

Gawat, Tiang Listrik pun Tumbang!

Gawat, Tiang Listrik pun Tumbang!


Gawat, Tiang Listrik pun Tumbang!

Posted: 16 Dec 2015 01:24 AM PST

BANDARLAMPUNG – Semua pihak sepertinya harus lebih waspada dalam mengantisipasi terjadinya musibah pada musim hujan saat ini. Sebab, sudah banyak musibah yang terjadi ketika hujan turun di Bandarlampung. Di antaranya pohon tumbang. Kali terakhir, pohon tumbang terjadi Senin (14/12). Pohon berukuran cukup besar menimpa jaringan listrik di Jl. Basuki Rahmat, Kelurahan Talang, Kecamatan Telukbetung Selatan.

Nah, sekitar pukul 14.30 WIB kemarin (15/12), giliran tiang listrik yang tumbang. Peristiwanya terjadi di Jl. Bukit Tinggi, Pasar Smep, Tanjungkarang Pusat. Tumbangnya tiang listrik ini sempat membuat panik. Sebab, posisi tiang berada di antara kios pedagang.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Kebetulan saat itu banyak pedagang yang sudah menutup kiosnya lebih awal lantaran hujan. Hanya, tiga kendaraan roda dua milik pedagang yang terparkir rusak terkena tiang.

Sumarni (65), salah satu saksi mata, mengatakan, tumbangnya tiang listrik itu terjadi ketika hujan deras yang disertai angin kencang. Menurut dia, kondisi tiang yang sudah berkarat membuatnya mudah tumbang.

"Ya, robohnya saat hujan angin yang kedua," ujar penjual buah-buahan ini.

Tumbangnya tiang listrik ini juga mengakibatkan sebagian kios dan ruko di Jl. Bukit Tinggi menjadi padam. Hal itu disebabkan beberapa kabel tersangkut dan terputus.

Khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan, warga langsung menghubungi PT PLN. Selang 30 menit petugas PLN datang dan segera mengevakuasi tiang tersebut ketempat yang lebih aman.

"Kami segera ambil tindakan begitu sampai, tiang ini terhubung di gardu K118 di Jl. Imam Bonjol. Jadi sementara aliran listrik di jalur itu padam," ujar Supervisor Teknik PT PLN Joy Tampubolon.

Dia berjanji, pihaknya bakal memperbaiki saat itu juga. Ditargetkan tadi malam listrik sudah dapat menyala kembali. Pantauan Radar Lampung hingga pukul 18.00 kemarin, beberapa petugas memang masih terlihat sibuk melakukan perbaikan tiang dan membersihkan kabel listrik yang terjuntai.

Sementara Kepala UPT Pasar Smep Jony Hardiansyah mengaku baru mendapat laporan terkait tumbangnya tiang listrik tersebut. Kendati demikian, ia bersyukur tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

''Memang hanya tiga motor yang kebetulan parkir terkena, tetapi itu juga hanya rusak ringan. Dua di antaranya langsung dibawa pemiliknya, tinggal satu motor yang belum diambil," ucapnya. (yay/p5/c1/whk)

Pemprov Bagi-Bagi Dana Kesejahteraan

Posted: 16 Dec 2015 01:19 AM PST

Imam Masjid dan Penjaga KA Rp1 Juta
BANDARLAMPUNG - Pemerintah Provinsi Lampung menyerahkan bantuan dana kesejahteraan kepada guru ngaji, penyuluh agama, imam masjid, marbot masjid besar kecamatan, pembantu pegawai pencatat nikah (P3N), serta penjaga perlintasan kereta api se-Lampung.

Bantuan ini diserahkan oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Harun Al Rasyid didampingi Karo Bina Mental Ratna Dewi di ruang Abung Balai Keratun, Selasa (15/12).

Diinformasikan Karo Humas dan Protokol Bayana, dalam Laporan panitia yang disampaikan  Karo Bina Mental Ratna Dewi, bantuan peningkatan kesejahteraan diberikan kepada 2.950 guru ngaji, kepada P3N sebanyak 1.848, kepada Imam Tetap sebanyak 218, Marbot Masjid Besar Kecamatan sebanyak 222, Penyuluh Agama sebanyak 216, serta kepada Penjaga Kereta Api sebanyak 68. Penerima bantuan tersebar di 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

    "Bantuan kepada Guru Ngaji, Imam Tetap, Marbot Masjid Besar, Penyuluh Agama dan Penjaga Perlintasan Kerata Api  masing-masing diberikan bantuan sebesar Rp1 juta. Sedangkan kepada P3N masing-masing diberikan sebesar Rp 800ribu", jelasnya.

    Ratna menambahkan,  kegiatan ini guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat Lampung. Selain itu, meningkatkan kesejahteraan bagi Tenaga Pendidik Informal, Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N), Penyuluh Agama, Imam Masjid dan Marbot serta meningkatkan kesejahteraan Penjaga Perlintasan Kerata Api.

    Dalam sambutan Gubernur Lampung yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik menjelaskan, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian serta kesungguhan Pemerintah Daerah dalam memotivasi masyarakat agar tetap dan lebih bersemangat menjalankan aktivitas kehidupan sesuai profesinya.

    Lebih lanjut Gubernur Lampung juga mengharapkan agar para penerima bantuan ini dapat melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing, khususnya dalam meningkatkan keimanan dan keagamaan bagi masyarakat sekitar serta melaksanakan  tugasnya dengan baik.

Lebih lanjut Gubernur Lampung juga mengharapkan agar para penerima bantuan ini dapat melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing, khususnya dalam meningkatkan keimanan dan keagamaan bagi masyarakat sekitar serta melaksanakan  tugasnya dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.

    "Gubernur juga mengajak kepada kita semua untuk senantiasa memberikan dukungan terhadap berbagai progran pembangunan Pemerintah Provinsi Lampung sesuai dengan profesi kita masing-masing", ujarnya.

    Ditambahkan oleh Kabag Humas Heriyansyah, dalam acara itu turut hadir anggota Forkopimda Lampung, perwakilan bupati dan wali kota se-Provinsi Lampung, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung, Ketua MUI Provinsi Lampung serta sejumlah kepada SKPD dan Instansi Vertikal terkait di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. (rls/p3/c1/ary)

Kuat Impor, Ekspor Lesu

Posted: 16 Dec 2015 01:16 AM PST

BANDARLAMPUNG - Badan Pusat Statistik (BPS) kemarin membeber perkembangan ekspor dan impor Provinsi Lampung bulan November 2015. Untuk nilai total ekspor Lampung bulan November 2015 mencapai USD299 juta, mengalami penurunan sebesar USD52 juta atau turun sebesar 14% dibandingkan nilai total ekspor Oktober 2015 yang tercatat USD351 juta.

    Sementara untuk ekspor di bulan Januari-November 2015 berhasil membukukan USD3.583 juta, jika dibandingkan Januari-November 2014 yang tercatat USD3.548 juta, mengalami peningkatan sebesar USD35 juta atau naik 1,0%.

    Penurunan ekspor November 2015 terhadap Oktober 2015 terjadi pada empat golongan barang utama, yaitu golongan lemak dan minyak hewan/nabati turun 9,40%, kopi, teh,  rempah-rempah turun 40,41%, olahan dari buah-buahan dan sayuran turun 6,16%, serta bubur kayu/pulp turun 14%.

    Sedangkan barang dari golongan barang utama yang mengalami peningkatan ekspor yakni batu bara meningkat 48%.

    Kepala BPS Lampung Adhi Wiriana mengatakan, nilai kontribusi terhadap total ekspor bulan november 2015 Provinsi Lampung dari lima barang utama tersebut mencapai 79.43%. serta untuk negara utama tujuan ekspor Provinsi Lampung pada bulan November 2015 yakni Amerika Serikat yang mencapai US$44.9 juta, Italia mencapai US$38.8 juta, Tiongkok US$25.8 juta, diikuti Jepang dan Taiwan dengan masing-masing nilai ekspor mencapai US$21 juta dan US$21.2 juta, untuk peran kelimanya mencapai 50.94%.

    Sementara itu untuk nilai impor Lampung November 2015 mencapai USD196 juta atau mengalami peningkatan sebesar USD3,9 juta atau naik 2,01% dibanding Oktober 2015 yang tercatat USD192 juta. Nilai tersebut lebih rendah USD50 juta atau 20% dibanding November 2014 yang tercatat USD247 juta.

    Peningkatan impor terjadi pada komoditas gandum dan binatang hidup dengan nilainya masing-masing USD10 juta dan USD6.9 juta. Sedangkan komoditas yang mengalami penurunan impor yakni gula dan kembang gula turun USD0,6 juta, ampas/sisa industri makanan turun sebesar USD4,6 juta, serta mesin-mesin pesawat mekanik turun USD11,5 juta atau 59%.

    ''Sementara itu andil impor lima golongan barang utama terhadap total impor Lampung pada November 2015 mencapai 31%. Yakni untuk gula dan kembang gula 9%, ampas/sisa industri makanan 6,77%, gandum 6%, binatang hidup 5%, dan mesin-mesin pesawat mekanik 4%,'' kata Adhi. (pms2/c1/ary)

Pemadaman dari Sore hingga Malam

Posted: 15 Dec 2015 09:32 PM PST

radarlampung.co.id- Pemadaman listrik bergilir Area Tanjungkarang pada Rabu (16/12) dijadwalkan terjadi sejak sore pukul 18.00 WIB hingga 22.30 WIB. Pemadaman terbagi dalam tiga periode waktu, yakni pukul 18.00 WIB-19.30 WIB, 19.30 WIB-21.00 WIB, 21.00 WIB-22.30. WIB. Berikut ini Jadwal Pemadaman Listrik Area Tanjungkarang:

16 Desember 2015

Pukul 18.00 WIB – 19.30 WIB
Hanura, Lempasing, TPI dsk, Karang Anyar dsk, Sindang Anom, Trisakti, Jatiagung, Margo lestari, Margomulyo, Karang Rejo, Tanjung Bintang Pasar, Serdang, Merbau Mataram, Giri Harjo, Tanjung Harapan Karang Pucung, Banjar sari, Sinar Karya, Sumberejo, Galih lunik, Harga Mulyo, Desa Serbajadi, Hajimena, Perum Polri Rajabasa dan sekitarnya.

Kota Kalianda, Pesisir, Way Belerang, Canti, Pesugihan dan sekitarnya, Karang Anyar dan sekitarnya, Jati Mulyo dan sekitarnya.

Way Kandis, Perum Permata Asri, P. Senopati dan sekitarnya, Tegineneng, Bekri, Masgar, Gunung Sugih Baru dan sekitarnya, Tegineneng, Branti, Mandah, Haduyang, Sumber Sari, Padmosari, Banjar Negeri, Rulung Raya, Purwosari, Banjar Rejo, Rejo Mulyo, PT. Coverta, Pancasila, Talang Jarang, Banyuwangi dan sekitarnya.


Pukul 19.30 WIB – 21.00 WIB
Bukopin, Bank BTN, Jl. Wolter Mongonsidi, Jl. Suprapto, Jl. Katamso, Jl. Nusa Indah, Jl. Amir Hamzah, Jl. Borobudur, Jl. Ahmad Yani, Jl. P. Diponegoro (PLN), Jl. Radin Intan, Jl. S. Parman, Jl. Hos Cokroaminoto, RS. Bumi Waras, Gedung Wanita, JL. Sutiyoso, Jl. Jahe (Bukit Randu), Jl. Aster, JL. Way Sekampung, Jl. W. Mongonsidi, BKKBN, Jl. Rasuna Said, Jl. Basuki Rahmat, Jl. Cut Mutia, Sheraton Hotel, Jl. Diponegoro, Jl. Yos Sudarso, Lamp. Palletizing, Bengkel Mitsubishi,
Kampung sawah, PT. Gunung Seminung, PT. Dharmala, Jl. Moch Salim, Jl. Hi. Anang, PT. Istana Lampung Permai, PT. Suri Tani, Pelabuhan Srengsem, Pelabuhan Panjang, IIN Praja Hotel,

Kompleks UKA Panjang, PT. Mas Raya, PT. Teluk Intan, Vista Griant, Lampung Sumber Kencana, Hotel Sahid, Batu Serampok, Perum Green Tarahan, Rangai, Desa Tarahan, Rangai Tri Tunggal, PT. Sorento Nusantara, PT. Lampung Andalas, Pasir Putih, Pulau Pasir,

Jl. Soekarno Hatta, Jl. Putri Balau, Jl. Ridwan Rais, Jl. Jati, Jl. Perintis Kemerdekaan, Jl. Said, Tanjung Sari, Pal Putih Simpang, Kertosari, Mulyosari, BAngunsari, Jemrana, Margabatin, Gunung Batu, Sumberejo, Sumberjaya, Malangsari, Karang Anom, Kaliduren, Batuagung, karyabasuki, Jl. Tirtayasa,

Jl. P. Legundi, Karimun Jawa, P. Singkep, Perum Tirtayasa, Perum Bahtera, Abdi Negara, Sabah Balau, Permata Biru, Puri Hijau dsk, Katibung, Tanjungan, Cinta Maya, Babatan, Sukatinggi, Pardasuka, Umbul Kates, Umbul Bayur, Karya Tunggal, sinar Palembang, Sinar Pasmah, Trans Tanjungan, Indonesia Farming, PT. Suritani Pemuka, PT. Domus Jaya, Karang Anyar dsk, Jati Mulyo dsk, Perum Permata Asri.

Pukul 21.00 WIB – 22.30 WIB

Jl. Ir. Sutami, Waylaga, Aman Jaya, Simpang Galih, Way Gubak, Gunung Balau dsk, Bandara Branti, Candi Mas, Natar Induk, Sukamaju, Muara Putih, Merak Batin, Bumi sari, Batu Ceper, Hajimena, Rejosari, Way Tuba, Navigasi, Kurungan Nyawa, Negeri Sakti, Pinang Jaya dan sekitarnya, Bukit Kemiling Permai.

Jl. Imam Bonjol, Jl. Imba Kusuma, Ds. Sumber Agung, Jl. Darussalam, Jl. Purnawirawan, Pemancar RCTI, Pemancar Indosiar, Cik Ditiro, Perum Beringin Raya, SPN, Gunung betung dan sekitarnya. (rls/adi)

(Sumber: PT PLN Distribusi Lampung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar