Rabu, 22 Januari 2014

Program Psikologi Online Biro SDM Polda Lampung

Program Psikologi Online Biro SDM Polda Lampung


Program Psikologi Online Biro SDM Polda Lampung

Posted: 22 Jan 2014 05:49 AM PST

Privasi Dijamin, Bantu Anggota yang Memiliki Permasalahan
Psikologi online adalah program baru yang digulirkan Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Lampung. Program yang di-launching pada 30 Desember 2013 ini dibuat untuk membantu anggotanya yang memiliki permasalahan kedinasan maupun pribadi dengan jaminan penjagaan privasi.

Laporan Wahyu Syaifullah, BANDARLAMPUNG

''KEBERHASILAN saya dengan bisa menjabat Kapolda Lampung karena dukungan keluarga," ujar Brigjen Heru Winarko belum lama ini. Menurutnya, sesibuk apa pun pekerjaannya, ia pasti pulang untuk menemui keluarganya meski hanya beberapa jam.

Heru menjelaskan, persoalan keluarga sering terbawa ke situasi kedinasan. Karena itu, permasalahan yang ada di keluarga sebisa mungkin diselesaikan.

Sehingga ia membagi tiga unsur permasalahan dalam hidupnya, yakni dinas, keluarga, dan pribadi. Karena itulah, Polda Lampung mencoba memfasilitasi anggota Polri yang memiliki permasalahan dengan membuat program psikologi online yang menjamin kerahasiaan anggota yang melakukan konseling permasalahan pribadi.

Psikologi online juga bertujuan menyerap permasalahan anggota Polri  di keluarga dan kedinasan. Karena selama ini, orang menganggap tabu konsultasi atau pergi ke psikolog.

Menurut Kepala Biro SDM Polda Lampung Kombes Agung Dwi Julianto, pelayanan konseling psikologi bagi anggota Polri sangat penting. Di antaranya untuk meminimalkan permasalahan yang berdampak pada kinerja dan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Dia berharap anggota Polri tak sungkan berkonsultasi mengenai permasalahan keluarga maupun kedinasannya. Konsultasi bisa dilakukan dengan sistem short messages service (SMS), e-mail, atau dengan mengunjungi blog SDM.

''Saya menyarankan kepada anggota untuk tak sungkan-sungkan konseling dengan sistem konsultasi online, atau kita menyebutnya curhat online. Nantinya, anggota yang curhat langsung dijawab konselor yang ditugaskan khusus untuk sesi curhat tersebut. Kami sudah memberikan pelatihan kepada 50 anggota yang menjadi konselor, yang ada di setiap satuan kerja Polda Lampung, pada 24 Desember 2013," terangnya.

    Agung melanjutkan, pihaknya menerima curhat mengenai masalah apa pun. Baik itu perasaan anggota hingga kerumitan hidup. ''Dijamin seratus persen tak akan bocor atau diketahui atasan. Karena privasi yang kita kedepankan. Sehingga konsultasi online bisa dipercaya dan menjadi solusi untuk anggota Polri itu sendiri," ucapnya.

Misalnya,  imbuh Agung, pertentangan orang tua dengan anak dalam menentukan lokasi kuliah. ''Nah, silakan orang tua dan anak sharing. Kami akan berikan solusi. Dengan cara mengetes si anak terkait kemampuan dan minat bakat yang dimilikinya. Ini agar tidak sia-sia bakat yang dimiliki anak tersebut," pungkasnya. (p2/c1/whk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar